Rabu, 28 Maret 2012

ABSTRAK PENGANGGURAN

Masalah yang sering kita temukan di negara-negara berkembang begitu juga di negara maju sekalipun. Pengangguran menjadi suatu ancaman bagi setiap masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Pemerintah pun sudah berupaya keras mengatasi pengangguran yang semakin meluas di negara ini. Memang tidak lah mudah untuk meminimalisasikan pengangguran secara cepat. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadikan hambatan bagi masyarakat untuk menyalurkan kemampuannya. Butuh kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah. Masyarakat dan pemerintah sendiri harus berusaha mencari solusi dan jalan terbaik agar masyarakat dapat bekerja dan mendapatkan kehidupan yang layak.
Macam-macam jenis menurut sebab terjadinya pengangguran terbagi beberapa jenis yaitu :
1.      Pengangguran Friksional / Frictional Unemployment Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.
2.      Pengangguran Struktural / Structural Unemployment Pengangguran struktural adalah keadaan di mana penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja.
3.      Pengangguran Musiman / Seasonal Unemployment Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur.
4.      Pengangguran Siklikal Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.


Banyak cara mengatasi pengangguran di suatu negara atau daerah. Masyarakat sendiri harus memiliki rasa percaya diri terhadap yang akan ia kerjakan. Membuka dan memperluas lapangan pekerjaan baru bagi individu yang mampu membuka usaha kecil atau menengah. Dengan adanya bimbingan, penyuluhan dan ketrampilan tenaga kerja dan pendidikan. Program KB juga salah satu faktor pengangguran di Indonesia. Program ini sangat membantu bagi masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran yang terjadi di negara ini. Usaha adalah kunci keberhasilan untuk mengurangi pengangguran. 
Nama kelompok:
1.      INDRA SURYA (23211611)
2.      LUTFI RAMADHAN (24211170)
3.      MOCHAMMAD ABBI .P (24211536)
4.      MUKHLASIN (25211028)
5.      YULIUS ARI WIJAYA (27211652)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar